Mengatasi Rasa Gengsi

Kunci mengatasi rasa gengsi adalah menjadi seorang pemberani yang mampu mempertahankan jati diri.
Berani jujur kepada diri sendiri yang berarti memulai dengan bersikap mengakui batas kemampuan yang kumiliki, tak ada gengsi. Kejujuran berarti juga keberanian untuk mengatasi diri kita sendiri.

Selanjutnya mengakui semua kekeliruan yang telah kita buat, pemikiran-pemikiran yang salah dan keputusan yang terlalu cepat kita ambil. Pasti saat itu nggak ada rasa gengsi, ngga ada keangkuhan, dan saat itu juga kita hanya tak ingin menjadi manusia yang secara moral pengecut, yang tidak mempunyai nyali untuk bersikap otentik, saat itu juga kita hanya ingin jujur dan mempunyai makna hidup yang sejati. Dengan mengakui semua kesalahan, dengan berurai airmata meminta bantuan penyelesaian. Alhamdulillah segala sesuatunya jadi akan terlihat lapang, jurang yg tadinya ada didepan mata seperti berubah menjadi hamparan tanah lapang. Dengan kejujuran kita semua memahami, semua memaklumi. Betapa indah persaudaraan, betapa indah sebuah kejujuran.

Aku hanya ingin menjadi seorang pemberani yang mampu mempertahankan jati diri.

“Brave is who knows fears but conquess fear, who sees the abyss, but with pride. Keberanian adalah mereka yang tahu ketakutan tetapi mampu menaklukkan apa yang ditakutinya. Mereka yang melihat jurang yang dalam, tetapi merasa bangga

Comments

Popular Posts